Forum Diskusi Ungkap Sistem Pendidikan Italia: Pandangan Mendalam dari UNESA
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s2dikdas.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/c2c32201-5704-42be-8d7b-8c7ee047d513.jpg)
s2dikdas.fip.unesa.ac.id,
SURABAYA - Para mahasiswa S2 dan S3 Pendidikan Dasar di Universitas Negeri
Surabaya (UNESA) disajikan dengan pemahaman yang mendalam mengenai sistem
pendidikan di Italia dalam sebuah forum diskusi yang digelar baru-baru ini.
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s2dikdas.pasca.unesa.ac.id/gallery/b5a0b6c5-3f8d-4b3e-a3e6-89e65bb668ca.jpg)
Diskusi ini
dipimpin oleh Prof. Suryanti, seorang ahli pendidikan tinggi yang menyoroti
keunikan pendekatan belajar di negara Mediterania tersebut.
Prof. Suryanti,
yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi S3 Pendidikan, menyampaikan
pandangan menarik mengenai pendidikan di Italia. Beliau menggambarkan bahwa
pendekatan pendidikan di Italia jauh berbeda dari negara-negara lain.
Dengan penekanan
yang kuat pada filosofi bahwa kebahagiaan siswa adalah kunci keberhasilan,
pendidikan di Italia mendorong perlambatan proses belajar, menikmati setiap
momen, dan memastikan siswa merasa bahagia dalam pembelajaran.
Namun, Prof.
Suryanti juga menyoroti bahwa, sambil memperhatikan kebahagiaan siswa,
pendidikan di Italia juga menghormati dan mempertahankan tradisi serta budaya
lokalnya. Diskusi ini juga diperkaya dengan pandangan dari Prof. Nadi Suprapto
dan Neni Mariana, M.Sc., Ph.D., yang membahas perbandingan mata kuliah dalam
pendidikan dasar, yang menambah pemahaman tentang pendidikan di Italia.
Salah satu momen
menarik dalam diskusi adalah ketika Mr. Ben, seorang praktisi pendidikan dasar
dari Italia, berbagi pengalamannya tentang berbagai jenis lyceum yang tersedia
di negaranya. Dari seni hingga ilmu sosial dan terapan, setiap jenis lyceum menawarkan
peluang unik bagi siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.
Penulis : Nurul