Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Menilai Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s2dikdas.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/11d2108b-70ca-465f-b30d-1ba8f218e2ab.png)
S2dikdas.fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Metodologi penelitian kuantitatif semakin digunakan untuk menilai efektivitas berbagai metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah dasar. Dengan menggunakan data numerik, penelitian ini bertujuan untuk mengukur perubahan yang signifikan dalam hasil pembelajaran siswa setelah penerapan metode pembelajaran baru.
Penerapan metode pembelajaran baru di sekolah dasar memerlukan evaluasi yang akurat untuk menentukan seberapa efektif metode tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang banyak digunakan adalah penelitian kuantitatif, yang memungkinkan pengumpulan data numerik untuk mengukur perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah implementasi metode pembelajaran baru.
Penelitian kuantitatif dalam konteks ini biasanya dilakukan dengan cara membandingkan hasil tes atau kuesioner yang diisi siswa sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran baru. Metode ini memberikan gambaran yang jelas tentang apakah perubahan yang dilakukan dalam pengajaran dapat meningkatkan pemahaman atau kemampuan siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini umumnya berupa tes yang diukur dengan skor numerik, yang dapat mencakup ujian, penilaian kinerja, atau kuesioner yang mengukur tingkat pemahaman atau keterampilan siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat menggunakan teknik analisis statistik untuk menguji validitas dan reliabilitas hasil yang diperoleh.
Metode penelitian kuantitatif memiliki kelebihan dalam hal objektivitas, karena data yang diperoleh dapat dihitung dan dianalisis secara matematis. Ini memungkinkan peneliti untuk membuat kesimpulan yang lebih generalizable mengenai efektivitas metode pembelajaran yang digunakan.
Dengan menerapkan metodologi kuantitatif, sekolah-sekolah dasar dapat lebih memahami dampak dari berbagai metode pembelajaran yang diterapkan di kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar.
Penulis: Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd.