Penguatan Literasi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Kelas 5 Sekolah Dasar

Surabaya, 4 Juli 2023. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Surabaya, Dinas Pendidikan setempat mengadakan kegiatan bertajuk "Penguatan Literasi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Kelas 5 Sekolah Dasar." Acara yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru-guru kelas 5 dalam mengembangkan literasi pada siswa serta menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan individu.
Kegiatan ini diadakan pada tanggal 3 dan 4 Juli 2023. Kegiatan ini diisi oleh dua narasumber yang ahli di bidang literasi di sekolah dasar, yaitu Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd., seorang Dosen Program Studi S2 Pendidikan Dasar, dan Zaenal Abidin, S.Pd., M.Pd., penyelenggara S2 Pendidikan Dasar. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang pentingnya literasi dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta memberikan strategi praktis yang dapat diterapkan oleh guru-guru kelas 5.
Selama dua hari
acara, peserta yang terdiri dari guru-guru kelas 5 Sekolah Dasar aktif terlibat
dalam sesi presentasi, diskusi kelompok, dan workshop interaktif. Mereka
diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengembangan literasi
dalam proses pembelajaran, serta diberikan pengetahuan tentang strategi
diferensiasi yang efektif dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif.
Dr. Nurul
Istiq'faroh, M.Pd., dalam presentasinya, menyoroti pentingnya pembelajaran diferensiasi
dalam memenuhi kebutuhan beragam siswa di kelas 5. Ia menggarisbawahi peran
penting literasi dalam pengembangan keterampilan membaca, menulis, dan berpikir
kritis pada siswa. Sementara itu, Zaenal Abidin, S.Pd., M.Pd., menyajikan
pendekatan praktis dan contoh nyata tentang bagaimana menerapkan strategi
diferensiasi dalam pembelajaran literasi kelas 5.
Para peserta antusias mengikuti workshop interaktif yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, dan merancang aktivitas pembelajaran yang berfokus pada literasi. Mereka juga diberikan waktu untuk mengembangkan rencana pembelajaran diferensiasi yang dapat mereka terapkan di sekolah masing-masing.
Acara ini
berjalan dengan lancar dan dinilai sangat bermanfaat oleh para peserta. Mereka
merasa terinspirasi dan siap menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
dalam mengembangkan literasi pada siswa kelas 5. Diharapkan, kegiatan ini akan
berdampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Kota Surabaya.
Kegiatan ini
merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh Dinas Pendidikan Kota
Surabaya dalam meningkatkan pendidikan di tingkat dasar. Diharapkan, penguatan
literasi dan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi akan
berkontribusi pada perkembangan potensi siswa dan menciptakan generasi yang
lebih berdaya saing di masa depan.