Siswa di Kelas Mudah Marah? Berikut Ini Tips dan Triknya Untuk Guru Dalam Menenangkan Emosinya
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s2dikdas.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/c549aae3-9a21-4542-b3dd-f45af144ed48.jpg)
S2dikdas.fip.unesa.ac.id, SURABAYA- Guru bukan
hanya dituntut untuk mengajarkan peserta didik dalam mendapatkan imu saja,
tetapi guru juga dituntut untuk peka dalam menstabilkan emosi siswa yang sedang
bergejolak. Menurut Edutopia.org ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru
untuk mengatasi emosi siswa yang meledak-ledak yakni:
1.
Membangun hubungan yang
kuat dengan siswa
Guru bukan hanya dimaknai sebagai profesi untuk transfer of knowledge saja, tetapi guru juga perlu membangun kedekatan yang baik dengan siswa. Ketika siswa sudah merasa nyaman, maka siswa akan memiliki tempat untuk bercerita. Cara yang dapat dilakukan adalah guru perlu membuka komunikasi dengan siswa, menanyakan tentang kondisi yang dialami dengan cara yang tidak terlalu kaku dan menghakimi.
2.
Mengajari tentang coping
dan manajemen diri
Saat emosi siswa memuncak, siswa akan sulit mengelola dirinya sendiri, berpikir secara jernih, bahkan melampiaskan emosinya ke hal-hal negatif. Dari kondisi itu, guru perlu mengajarkan siswa untuk coping dan manajemen diri. Caranya adalah guru perlu mendampingi siswa dengan memberikan tempat khusus untuk siswa dalam menenangkan dirinya. Ruangan tersebut, tidak boleh ada gangguan, dengan tujuan siswa dapat mengeluarkan emosinya sekaligus merefleksikan kembali masalah yang dihadapi.
3.
Dengarkan apa yang
dikatakan dan tidak dikatakan
Saat siswa bercerita, guru perlu mendengarkan saja hingga emosinya selesai. Jika sudah selesai, guru dapat menepuk bahunya, setelah itu berikan kata-kata yang positif dan pujian. Guru juga perlu memberikan umpan balik ke siswa, jika siswa masih ingin bercerita, jadwalkan waktu antara guru dan siswa untuk bercerita. Dengan begitu, siswa akan merasa punya support system yang baik sekeligus pelaksanaan belajar dan mengajar tidak terganggu.
###
Tim Humas S2 Dikdas Unesa