Ini Rek! Contoh-conteh Tesis untuk Mahasiswa Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar (S2 DIKDAS) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) terus mendorong para mahasiswanya untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Sebagai salah satu pusat unggulan dalam pendidikan dasar, FIP UNESA menyediakan berbagai contoh topik tesis yang menarik dan relevan, sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini. Berikut adalah beberapa tema dan contoh tesis yang dapat dicontoh mahasiswa S2 Pendidikan Dasar.
Pengembangan Literasi Membaca di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Tematik. Penelitian ini berfokus pada pengembangan kemampuan literasi membaca peserta didik melalui pendekatan pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik dalam memahami teks bacaan di jenjang pendidikan dasar.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Tesis ini mengkaji bagaimana model pembelajaran berbasis masalah dapat membantu peserta didik SD meningkatkan kemampuan mereka dalam pemecahan masalah, khususnya pada materi matematika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik.
Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Topik ini mengangkat pentingnya media digital sebagai alat bantu dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media digital dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep sains, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik.
Efektivitas Pendekatan Berbasis Kasus dalam Mengajarkan Keterampilan Sosial pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Penelitian ini terinspirasi oleh pendekatan pembelajaran berbasis kasus dari Finlandia. Dalam tesis ini, mahasiswa mengeksplorasi penerapan metode tersebut di Indonesia untuk melatih keterampilan sosial peserta didik, yang penting dalam membentuk kepribadian serta kemampuan bekerja sama.
Peran Guru dalam Mendorong Sikap Inklusif pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana peran guru dalam menciptakan lingkungan inklusif di kelas, agar setiap peserta didik merasa diterima dan mampu berkembang sesuai dengan potensinya.
Analisis Kebutuhan dan Pengembangan Kurikulum Berbasis SDGs pada Pendidikan Dasar. Tesis ini meneliti bagaimana kurikulum di sekolah dasar dapat disesuaikan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) guna meningkatkan kualitas pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan merata bagi semua anak di Indonesia.
Berbagai topik tesis tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa yang tengah menyusun penelitian, serta memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.
Penulis: Dede Rahayu Adiningtyas