Merancang Media Pembelajaran Interaktif dan Efektif untuk Peserta Didik SD di Era Digital

s2diksas.fip.unesa.ac.id, Surabaya – Pembelajaran untuk siswa sekolah dasar di era digital perlu dirancang agar kebih interaktif dan menyenangkan. Peserta didik sekolah dasar cenderung lebih mudah memahami materi pelajaran jika disampaikan melalui media yang menarik seperti video animasi, permainan edukatif, atau aplikasi belajar interaktif. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju, guru dapat mencipakan pengalaman belajar yang lebih seru dan sesuai dengan cara peserta didik memahami dunia di sekitar mereka.
Agar media pembelajaran efektif, guru perlu memperhatikan penyusunan media, seperti desain yang sesuai dengan karakteristik siswa. Warna yang terang atau cerah, gambar yang menarik, dan elemen suara yang menyenangkan dapat membuat peserta didik lebih fokus dan atusias ketika guru memaparkan materi. Selain itu, fitur interaktif seperti kuis dan cerita bergambar perlu digunakan untuk membantu peserta didik memahami konseo dengan lebih baik, sekaligus meningkatkan keterlibatan mereka pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Di sisi lain, penggunaan teknologi dalam pembelajaran harus tetap seimbang. Guru perlu memastikan bahwa media digital yang telah disusun benar-benar membantu peserta didik dalam belajar, bukan sekadar hiburan semata. Oleh karena itu, Technology-Enhanced Learning (TEL) dapat menjadi solusi dengan menggabungkan teknologi dan metode pembelajaran yang efektif, seperti permain edukatif yang didalmnya berisi permainnan berhitung, membaca, atau menggambar.
Dengan demikian, peran guru dalam mengelola penggunaan pembelajaran sangat penting. Guru perlu menjadi fasiitator yang dapat membimbing siswa dalm menggunakan media digital secara bijak dan produktif. Dengan merancang media pembelajaran yang merarik, kreatif, dan efektif, peserta didik SD akan lebih semangat mengikuti pembelajaran di dalam kelas.