Yuk Disimak! Fase Perkembangan Bahasa Anak Ketika di Sekolah Dasar

S2dikdas.fip.unesa.ac.id, SURABAYA- Pembelajaran bahasa di sekolah dasar merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif dan sosial anak. Proses pembelajaran bahasa tidak bisa dipaksakan begitu saja kepada siswa di sekolah dasar. Berikut adalah beberapa fase-fase pembelajaran dilalui anak dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar:
1.
Fase Pengenalan Bunyi Bahasa
Awalnya, siswa mulai mengenal huruf-huruf alfabet, baik huruf besar maupun huruf kecil. Setelah itu, belajar membedakan bunyi-bunyi huruf dan kata-kata sederhana. Tidak lupa, siswa juga belajar menghubungkan huruf dengan bunyi yang diwakilinya.
2. Fase Membaca Awal
Setelah itu, siswa mulai membaca kata-kata sederhana yang terdiri dari suku kata terbuka, bisa menguasai kata-kata sederhana membaca kalimat-kalimat pendek. Siswa juga sudah dapat memahami makna dari bacaan yang mereka lakukan.
3. Fase Membaca Lancar
Pada tahap ini, siswa mulai
membaca teks yang lebih panjang dan kompleks, seperti cerita pendek atau
artikel sederhana. Selain itu, mereka sudah dapat menjawab pertanyaan tentang
isi bacaan yang mereka baca.
4. Fase Menulis
Pada tahap ini, siswa mulai
menulis huruf dan kata-kata sederhana. Seiring berjalannya waktu, anak-anak
akan diminta untuk menulis teks yang lebih panjang, seperti cerita pendek atau
laporan sederhana.
5. Fase Berbicara
Siswa dilatih untuk berpartisipasi dalam percakapan dengan teman sebaya. Selain itu, mereka dilatih untuk menyampaikan pendapat dan ide-ide mereka dengan jelas dan sopan. Siswa juga dapat dilatih untuk melakukan presentasi sederhana di depan kelas.
6. Fase Mendengarkan
Siswa diajarkan untuk
mendengarkan cerita yang dibaca oleh guru atau teman. Mereka juga dapat diajarkan
menangkap informasi penting dari apa yang mereka dengar.
###
Penulis : Ami
Dokumentasi: Istock